22 November 2013

Teman Seperjuangan

ini sebenernya tulisan lama, tapi daripada nggak ada? yuk ah, mulai.

Jujur. Ditolak snmptn itu berat banget buat berdiri lagi(?)

Apalagi sebelumnya udah ditolak mentah-mentah sama salah satu ptk. Tapi, aku ngga sendiri. Ada temen-temenku. Banyak malah. Seneng? Sama sekali tidak! Cuma agak lega dikit kalo ada temennya. Seenggaknya, kita bisa berjuang bareng. Cari surga wifi bareng misalnya. Iya serius. Karena modem rumah kesamber petir beberapa hari sebelum pengumuman menyakitkan itu, aku jadi susah mau apa-apa. Setelah 3kali bolak-balik bank di 2hari berbeda, Alhamdulillah kita dapet no. PIN^^.

Karena kalo siang-siang tempat yg wifi nya kenceng ngga memungkinkan juga buat daftar sbmptn,
aku, arum, winda berencana daftar malem-malem(dirumah masing-masing). Tapikan modemku? Iya sabaaaar... Aku sama arum berniat memanfaatkan wifi disuatu tempat. Tapi karena tempatnya lagi banyak orang, jam 9 malem itu juga kita memutuskan kerumah winda. Perlu ditegaskan, itu malem-malem lho ya.. Udah lewat sawah-sawah gitu, gelap pula. Nggak mau kalo bukan buat sbmptn tercinta *sigh. Sampe didepan rumah winda, telfon lah aku. Ngga diangkat. Tefon lagi. Dimatiin. Apaan nih? Tiba-tiba tanpa dosa dia sms ‘yaudahlah.. dibahas besok aja ya’. aaak! Sotau banget dia. Ngga tau apa ada 2cewe nunggu-nunggu lucuk didepan rumahnya??! -..- udah pengin teriak-teriak aja didepan rumah orang. Tapikan malem-malem.akhirnya aku bales smsnya. ‘aku didepan rumah’ shock ya shock deh dia. Beberapa detik berlalu, terbuka juga pintu rumah itu. Winda dong. Iyalah. Masa bapaknya. Lain cerita kalo bapaknya yang buka pintu, aku sama arum mungkin pura-pura ngga kenal(?) Ah sudahlah. Winda bener-bener shock ternyata. Dia kayak ngga mengharapkan kehadiran aku sama arum disitu. Teman macam apa dia haha. Tapi karena masih punya hati, disuruh masuklah aku sama arum. Kita bingung. Ini jam berapa, dan nanti mau pulang jam berapa o.o nginep? Seketika bayang-bayang orangtua kita lewat dikepala. ‘Aduuh.. aku ngga pernah minta izin nginep dirumah temen’. Arum telfon. Dia boleh. Aku gimana? Masa aku mau pulang malem-malem sendirian? Pusing. Semakin pelik masalahnya. Akhirnya setelah ngumpulin keberanian, aku memutuskan bakal pulang malem jalan kaki sendirian lewat sawah-sawah yang gelap. Boong deng, ya ngineplah :) Belum pernah izin nginep dirumah temen bukan berarti ngga bolehkan? ;)
Menuju kekamar winda. Dia masih nganggep kita gila, malem-malem didepan rumahnya ngga bilang-bilang dulu. Yang baru aku tau, kalo pas aku telfon, si winda udah baca doa tidur. Aku sama arum mah ngga ngerasa salah apa-apa. Eh apa Cuma aku ya? ._. Winda yang niatnya baru besok mau daftar, akhirnya beli pulsa (ngga tau beli dimana) buat modem penyelamat nyawa kita semua. Malem itu juga, akhirnya daftar. Buat percobaan, Yang pertama daftar pemilik modem. Siapa lagi kalo bukan winda. daftarnya pake laptopnya winda juga dong. aduh yang satu ini baik banget :D winda dapet tempat tes di unsud fak. Peternakan. Semoga kita semua satu tempat. Pas mau download kartu tesnya si winda......... cobaan apalagi ini, Ya Allah :’ winda lupa laptopnya ngga bisa buat download aaaaa ~(-.-~)(~-.-)~ disaat-saat seperti ini, aku jadi pahlawan. Haha. Aku bawa laptop dongg.. teman-temanku yang lucu kesenengan.
‘tapi baterenya tinggal dikit’
‘sambil dices ngga papa kan?’
‘nggapapa sih, tapi ngga bawa ces-cesan’
‘yaudah pake ces-cesannya aku’
winda akhirnya ngasih solusi yang cuma bikin dia sama arum lega. Dikira mereka merk laptop sama semua?
‘tapikan beda’
hening sebentar.
 ‘haaah? Iya yaah’
baru heboh.
‘kenapa ngga bawa sih?’
‘sengaja, kirain ngga lama. Berat juga’
aku harusnya ngga bilang sengaja waktu itu. Bikin tambah rumit. Dengan gerakan super kilat, kita buka akun pendaftarannya winda dulu. Sempet takut, kalo udah disuruh download sekali ngga kedownload, ngga bisa di download lagi. Tapi akhirnya. Bisa. Lega dikit. Ngga mau ambil resiko, aku milih jadi pendaftar kedua habis winda. Dipikirannya aku, kalo daftar kedua nanti tempatnya sama kaya winda (pendaftar pertama), ato ngga sama kaya arum (pendaftar ketiga). Intinya aman gitulah kalo ditengah-tengah. Lagian mereka juga mempersilahkan aku ndaftar kedua. Dengan senang hati. Ternyata, aku dapet tempat di fak. Pertanian. Pffft. Beda sama winda. Awalnya sih ngga papa, sebelum arum daftar dan dapet tempat tes di fak.peternakan. sama kaya winda. Habis itu aku jadi ngerasa kalo mereka berdua sengaja bersekongkol biar aku tes ditempat yang beda sendiri. Haha! Bbeberapa menit setelah kita semua download kartu tesnya, dan disambi twitteran dikit...... laptop mati dengan damai. Melelahkan.


16 juni
Aku sama segenap keluarganya winda, berangkat kerumah arum. Disana udah ada arum sama afinda−temennya winda sama arum sama aku juga deng :) . Dimulailah perjalanan kita. Kita semua nginep di rumah pakdenya winda di purwokerto, bobosan. Tegal-pwt aku kira tidak se-melelahkan-ini. Sampai disana, taruh barang-barang, sholat, terus langsung pergi lagi survei tempat tes. Dengan berbekal peta purwokerto yang diprint bapaknya winda, ini dia................
peta
Kita semua sok-sokan ngapalin jalan. percuma. Gelap. Tapi lumayan, udah liat unsud. Habis survei, kita jalan-jalan (naik mobil padahal) cari makan. Purwokerto malam hari, jadi indah. Kita semua kenyang.

17 juni
Karena masih lelah karena pejalanan panjang kemarin, kita ngga bisa berangkat pagi-pagi simulasi naik angkot ke unsud. Mobil yang nganter kita kemarin, pulang duluan ke tegal. Niatnya kita berempat naik angkot baik, biar ngga ngerepotin orang. Jam 7an kita siap simulasi. ‘Bawa peta jangan lupa’. Dari bobosan kita naik angkot ke perempatan unsud. Di purwokerto itu, tarif angkot jauh-deket 2500/orang. Mahal kalo jarak deket. Murah kalo jarak jauh. Tergantung kita maunya deket apa jauh. Oiya. Dari perempatan unsud kita celingukan ‘ngga ada angkot ke fak. Peternakannya?’’ngga tau’. Tapi kita inget omongannya bapaknya winda, ‘kalo ngga ada angkot ya jalan aja. Biar sehat.’ gitu ya? Akhirnya dengan tampang-tampang sok ngerti kita ikutin jalan. Nahloh. Pertigaan. Berbekal petunjuk dari orang ditambah feeling yang kuat dari penulis dan tanpa andil peta sedikitpun, kita sampai di fak. Perternakan setelah jalan jauuuuuh banget. Cek ruangannya winda sama arum di fakultas peternakan akhirnya selesai. Kita langsung jalan kaki lagi ke fak. Pertanian. Disitu ceritanya kita mau liat ruangan tempat aku tes. Tapi karena mahasiswa masih pada berangkat dan katanya baru bisa diliat nanti sore akhirnya kita menuju ke MAN 2 nge-cek tempat tesnya afinda. Kali ini jauh banget. Tapikan kita naik angkot. Haha. Pas sampai didepan MAN 2, kita kan turun dari angkot kan? Semua mata tertuju pada kita -..- anak-anak MAN 2, yang (kayaknya) baru pada pulang sekolah itu ngeliatin kita terus. Ah sekali ini aja kesini, biarinlah. Padahal ya malu. Habis kita tau ruangannya afinda, kita berniat pulang. Kita jalan dari MAN 2 ke pertigaan dulu cari angkot. Panasnyaaa.. setelah tanya-tanya dan dapet angkot. Langsung kita dianterin kedepan rumah pakdenya winda. Padahal bukan jalur angkotnya lho.. baik kan? Iya baik, sebelum supir angkotnya minta dibayar 2x lipat ‘ber4? Kurang 10ribu’ gitu katanya. Nggapapah. Yang penting sampe rumah dulu, kalo udah sampe rumah baru marah-marah.

18 juni
Ngga bisa dipungkiri kalo simulasi kemarin itu melelahkan banget. Perjalanan ke fak. Peternakan sekitar 1jam-an karena ada acara jalan kaki lucu. Masalahnya, kalo afinda ikut kita, itu pasti susah banget. Bisa-bisa afinda terlambat tes. Akhirnya kita bangun pagi-pagi, mandi pagi-pagi, makan pagi-pagi, minum teh pagi-pagi juga :>
Jam 6 kita siap. Puas dengan pencapaian ini, kita nunggu angkot didepan rumah. Angkot ke perempatan unsud ternyata jam 6 belum ada. Kemarin kan kita berangkat jam 7.. aduhlah, bisa terlambat ini sih.. :( akhirnya kita berdoa. Udah itu aja. Afinda kita suruh berangkat pakai angkot duluan, angkot yang langsung ke MAN 2 ngga pake lewat unsud dulu. Insya Allah lebih cepet. Bener aja, 15 menit dia sms ‘aku udah sampai’. Aku arum winda? Masih berdoa. Pakdenya winda dateng pake mobil. Pertolongan Allah itu nyata. Kita kesenengan. Kirain mau langsung dianter. Ternyata pakdenya winda mandiin ayam dulu, makanin lele dulu. ‘santai aja’ gitu katanya. Kita disini gugup-gugup takut terlambat pakdenya winda mandiin ayam dengan wajah bahagia. Jika memang  itu yang membuat kau bahagia~~~teruskanlah pakdenya windaa :(( ~~
Diluar dugaan. Pakdenya winda ngebut ajah. Kita sampai dengan selamaaat \m/ pulangnya, arum sama winda nyusulin ke fak. Pertanian, kita nunggu angkot bareng. lamaaaa banget. Sampe afinda nunggu lama di pertigaan tempat kita janjian ketemu dan pulang bareng (dalam hidup, kita banyak menunggu ya? xD ) Akhirnya kita nyuruh afinda milih, mau pulang bareng kita tapi nunggu lama atau pulang sendirian. Itu lebih kedengeran kaya ‘pilih temen atau sampai dirumah duluan’. Jelaslah, milih sampe dirumah duluan. Afinda pulang sendirian. Kita berdoa untuk keselamatan afinda. Kita dapet angkot juga akhirnya, kita sampai rumah dan... afinda selamat. apa yang afinda sedang lakukan? Belajar. Buru-buru kita tiduran sholat terus belajar juga. Hari pertama tes bener bener nguras tenaga, pikiran, sama hati. Tapi ada satu yang bikin bahagia. Makan siang dari ibuknya windaaa.

19 juni
Kita mengawali hari dengan berdoa. Bedoa itu penting. Berdoa dikasih kemudahan di hari ke-2. Kemudahan transportasi juga ^^. Bener aja. Pakdenya winda mau nganterin kita lagi ~(^^~)(~^^)~ habis mandiin ayam dan kasih makan lele, kita berempat dianter ke tempat tes masing-masing. Bahagianya.
Pulangnya aku arum winda pake siasat. Kita nunggu angkot ngga di fak. Pertanian. Tapi di jalan sebelum fak. Peternakan. Sebelum anak-anak yang galau habis tes ngambil jatah angkot kita. Kita turun dipertigaan dan kali ini, sama afinda. Kita pulang berempat. Sebelum pulang, mampirlah ke suatu tempat *ngga pengin diceritain. Bikin bete*. Pulang-pulang kita disambut soto masakan ibuknya winda. Soto solo ato apa gitu. Yang jelas bukan soto lamongan. Habis sholat kita makan lalu kita? kenyang. Hari itu juga kita mau langsung pulang ke tegal. Beberes tas masing-masing, terus dikasih oleh-oleh, kerumah sodaranya winda dulu pamitan pulang terus ke terminal. setelah coba ngejar-ngejar bis yang ternyata penuh. Salah naik bis pula. Aku arum afinda duduk dibelakang pak kusir yang sedang bekerja supir. Bisnya jalannya lama banget, sempet kepikiran ‘kalo kaya gini mending naik sepeda’ tapi aku tau, itu pasti lelah. Pake bis ini, perjalanan pwt-tegal jadi kaya semarang-tegal. Tapi yang penting kita sampai dengan selamat :)

Dan sekarang, setelah pengumuman. Kita mendapatkan apa yang terbaik buat kita. Aku arum atau winda, diantara kami belum ‘ngeh’ dengan apa yang kita dapatkan. Tapi masing-masing dari kami berusaha menerima itu semua. Setelah apa yang udah kita lakukan, setelah inget apa yang udah kita korbankan, dan setelah doa-doa yang kita ucapkan. Kita berharap ini yang terbaik. Kita sepakat kalau ini adalah jalan yang Allah siapkan. Kita tau jalan yang Allah siapkan jauh lebih indah. Sekarang kita udah ada pada tempatnya masing-masing, siap menjalani semuanya masing-masing. Dan nanti, kita akan ketemu lagi dengan kesuksesan masing-masing. Tentu. Karena Allah tau yang terbaik untuk kita. 

cmiiw ~ 10-07-2013

oiya! ini winda yang ini arum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar