1 Mei 2014

kuliah vs kepanitiaan

Assalamu’alaikum wr.wb.

Apa kabar? :)
Hihi. Mulai sekarang, kita mbahas yang agak bermanfaat aja ya ._.
Jangan kaya kemarin-kemarin, GC. gak cetho kalo kata orang semarang :D

Kuliah udah mau satu tahun, kita pasti nggak cuma dapet ilmu akademik dong ya..
Terus apa? Ilmu hitam?


-________-
Ya enggak.

Kita juga dapet ilmu tentang bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana cara berbicara didepan banyak orang, bagaimana cara berorganisasi, sampai bagaimana caranya memecahkan masalah. Iya kan?
 
Lalu dari mana kita dapatkan itu?
Tidak lain dan tidak bukan..
Dari LK. Apa itu LK? Lembaga Kemahasiswaan. Benar sekalih!

Setiap mahasiswa pasti tau kenapa kita butuh yang namanya organisasi(kecuali yang nggak tau).
Nah. Sebagai mahasiswa yang baik, author tidak mau waktu nge-kos author terbuang sia-sia tanpa memberikan manfaat. Oleh karena itu, author ikuta oprec(open recruitment) sana-sini. Alasannya klasik, author pengin berkontribusi *cieeee

Waktu author menulis ini, author sedang dalam keadaan mengemban 3 amanah.
Satu. Sebagai staff PPIPTEK lembaga keilmiahan di jurusan author.
Dua. Sebagai sekdept. annisa di lembaga rohis jurusan.
Tiga. Sebagai staff subdivisi buletin di lembaga jurnalistik fakultas.
Jelaas.. itu ngga ringan. Berat. Berat banget malah :’)

Selama berkecimpung di dunia kepanitiaan(?) kampus, author udah pernah jadi sie konsumsi, humas, pubdekdok, acara, sekretaris, dll.
kesannya?

1.      Sie Konsumsi
Kalo banyak orang bilang sie konsumsi itu enak, jangan percaya. Kenapa? Sie. Konsumsi itu tidak makan di saat semua orang makan dengan nikmatnya. Gimana mau makan, anggaran dana minim, peserta maunya makan enak, panitia lain kasian kalo nggak dikasih makan, yaudah, kita jadi pahlawan. Rela...... Ikhlas.....
Bahagianya kita adalah saat melihat wajah kenyang peserta.

2.      Sie Humas
Ini nih. Sie yang kerjaannya jalan-jalan. Bukan tamasya, tapi keliling kampus. Gedung fakultas lah minimal... Susahnya jadi humas adalah ketika proposal baru diprint, tapi kegiatannya besok. Nah loh. Mending kalo yang dimintain tandatangan baik, senyum ramah, kasih semangat ke kitanya. Lah kalo enggak? Resiko.
Tapi selama jadi humas, baik ketupat ketua LK ataupun ketua hima, semuanya baik-baik bgt :))))))

3.      Sie Pubdekdok
Mungkin ini sie yang keliatannya paling membahagiakan. Kerjaannya design pamflet, foto-foto selfie terus udah. Makannya, rasain dulu, baru komentar. Sinih, author kasih tau ya.. jadi pubdekdok itu gampang-gampang susah. Tergantung kitanya, kalo kitanya melakukan dengan senang hati yaa... teratasi lah semua masalah.. tapi kalo design pamflet aja sambil nyumpah-nyumpahin sie acara yang nggak cepetan nentuin pembicara, semuanya malah jadi berat. Pamflet seadanya, kerja nggak maksimal, pahalanya gimana? Hehe

4.      Sie Acara
Sie acara! Sie yang harus tepat waktu, disiplin, perhitungan, dan nggak boleh absen kalo rapat. Sie acara memiliki peranan penting dalam menentukan berjalan atau tidaknya suatu acara. Yaa.. walaupun semua sie itu penting :)
Tapi nggak bisa dipungkiri kalo sie acara punya andil banyak. Susahnya dari sie acara adalah, kita diharuskan untuk berpikir. Berpikir. Berpikir.

5.      Sekretaris
Baru-baru ini author jadi sekretaris di salah satu kegiatan. Author ngalamin bener pahit-getirnya tugas sekretaris. Dari mulai bikin presensi sama notulensi rapat, bikin proposal, bikin surat, sampe LPJ. Sekretaris adalah sie yang paling banyak bikin nangis. Nangis sebentar, nangis agak lama, sampe nangis lama banget, semuanya pernah.
Masalah sekretaris muncul pada saat sosialisasi panitia.
Saat kita ogah-ogahan jadi sekretaris tapi kita harus lakuin. Ini perintah. Amanah.
Kurang berat apalagi coba?
Saat kita nggak tau kalo SC ternyata harus diundang juga pas rapat panitia.
Masih kurang merasa bodoh?
Saat kita nggak mbedain sms buat panitia sama buat SC terus dikira enggak sopan sama kakak tingkat. Masih merasa dibutuhkan?
Itu baru pertamanya.
Belum lagi saat kita harus ganti proposal karena konsep acara diubah jadi satu hari yang tadinya dua hari.*curcol bgt*
Masih kuat?
Belum lagi bolak-balik ngeprint dan bolak-balik salah juga.
Masih mau di posisi 'itu'?
dan
bukan cuma itu.
Kita juga harus sok-sok ceria, sok-sok semangat, dan sok manis kalo sms panitia buat rapat. Dalam keadaan seburuk apapun, sekretaris yang baik akan tetep pake emoticon senyum kalo sms nyuruh rapat. Pokoknya sekretaris harus terlihat baik-baik aja dari luar.
Saat temen-temen kita yang lain ribut nggarap tugas, kita punya tanggungan proposal, saat temen-temen kita yang lain panik deadline tugas, kita panik deadline proposal dulu baru panik tugas. Saat-saat kaya gini yang biasanya bikin kita ngiri sama temen kita yang nggak ikut organisasi apa-apa. Kita ada rapat, dia enggak. Kita ngerjain proposal, dia enggak. Tapi kita punya pengalaman, dan dia belum tentu. Ini salah satu alasan kenapa author tetap tinggal *ceilah.

Selain merasa memiliki tanggungjawab, author juga merasa kalo kita pengin maju, ada sesuatu yang harus dikorbankan. Waktu, tenaga, pikiran, dan.... hati. <3

Intinya sih, tinggal niat kita aja kaya gimana. Kalo niat kita mau dapet ridho Allah, mau bermanfaat buat orang lain, mau cari ilmu ya insya Allah kita akan dapet apa yang akan jadi niatan kita. Makannya, lurusin niat dulu... Dan ngerjainnya harus ikhlas. Kenapa? Biar kalo hasilnya nggak sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita nggak kecewa. Gitu saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air :)

Tapi, author merasa sangat beruntung banget, kok menjadi seperti sekarang. Tiap waktu yang author lewati jadi berasa manfaatnya. Bukan cuma makan-tidur-ngampus-nugas aja. Author juga jadi kenal banyak orang, tau karakter banyak orang, mulai berani ngomong didepan, mulai tau cara menghadapi orang, dll.
Kadang sesuatu perlu dipaksakan untuk memajukan diri kita sendiri.

Pastikan diri kita bermanfaat bagi orang lain, ya!
Keep creative! ;)

cmiiw

oiya. maaf kalo isi tidak sesuai dengan judul :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar